Tips memilih topik untuk blog

Walau Desain Blog dapat membuat pengunjung tertarik pada blog kita, isi postingan yang asal dan kurang menarik dapat membuat pengunjung segera angkat kaki dari Blog kita. Biasanya pengunjung yang datang ke sebuah blog atau website adalah orang-orang yang sedang mencari informasi. Jadi kalau kita tidak bisa memenuhi kebutuhannya, siap-siap saja untuk mendapatkan blog yang sepi pengunjung.


Ada beberapa tips untuk memilih topik yang sesuai untuk blog anda :

1. Pilih topik yang anda sukai
Biasanya para penulis akan senang menulis hal-hal yang dia suka. Karena dengan hal yang disukai akan membuat dia selalu rajin untuk menulis. Ini penting karena konsistensi adalah hal yang penting dalam sebuah blog.

2. Pilih topik yang anda kuasai
Suka menulis hal tertentu tetapi tidak menguasai hal tersebut akan membuat kita kesulitan untuk mencari bahan sebagai tulisan. Adalah penting menulis hal yang kita sukai sekaligus kita kuasai. Karena dengan menulis hal-hal yang kita kuasai kita akan selalu mendapatkan ide-ide baru.

3. Pilihlah satu atau beberapa topik yang berkaitan
Dengan begini pembaca akan semakin mudah untuk mendapatkan informasi secara lengkap. Karena dia bisa mendapatkan semua informasi itu di topik yang anda tulis. Keuntungan lainnya blog anda akan selalu di kunjungi oleh pembaca tersebut.

4. Kurangi menulis hal-hal yang terlalu pribadi
Terlalu banyak menulis tentang diri sendiri akan membuat pembaca cepat merasa bosan terhadap blog anda. Karena yang di cari pembaca biasanya berupa informasi bukan yang berkaitan dengan pribadi kita, kecuali kita adalah seorang selebritis.

5. Untuk siapa Blog anda dibuat
Kalau yang anda tuju adalah pengunjung atau pembaca dari Indonesia maka penggunaan bahasa Indonesia tidak masalah, tetapi kalau Blog yang anda buat ditujukan untuk dunia, maka penggunaan bahasa Inggris sangat diperlukan karena sudah mengglobal.

Demikian tip-tip dalam memilih topik dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi yang merencanakan untuk membuat blog.

0 comments:

Post a Comment