Fungsi Label di Blogger dan Cara Penggunaannya

Fungsi Label di Blogger dan Cara Penggunaannya. Setelah saya perhatikan, tidak sedikit diantara blogger pemula yang sama sekali tidak menerapkan label pada setiap postingan-nya. Hal ini terjadi mungkin karena ke-tidak tahuan mereka tentang fungsi label di blogger dan bagaimana cara menggunakannya.

Oleh karena itu, di episode tutorial blogspot kali ini, saya akan coba membahas tentang Fungsi Label di Blogger dan Cara Menggunakan-nya.


Fungsi Label di Blogger

Secara garis besar, label di blogger bisa disebut juga sebagai kategori. Dan saya yakin anda sudah pernah mengenal istilah kategori ini. Kategori merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk mengelompokan sesuatu. Dari pengertian kategori tersebut, bisa kita ambil secara garis besar bahwa label di blogger (yang tidak lain bisa disebut juga sebagai kategori) merupakan suatu fasilitas yang dimiliki oleh blogger.com untuk mengelompokan artikel (postingan) sehingga bisa lebih terorganisir. Dengan menggunakan label / kategori pada setiap tulisan yang kita buat, secara tidak langsung akan mempermudah kita dalam mengelola artikel di blog kita. Selain itu, dengan adanya label di blogger juga bisa mempermudah para pengunjung blog untuk membaca artikel / tulisan kita sesuai dengan kategori / label yang kita buat.
Supaya lebih jelas tentang fungsi label, berikut contohnya :
Suatu hari anda menulis suatu artikel / postingan dengan judul “Cara Membuat Blog”. Dari judul postingan tersebut, kira – kira termasuk ke dalam kategori apa? OK! Disini saya akan contohkan misalnya label / kategori yang tepat untuk tulisan “Cara Membuat Blog” adalah “Tutorial Blogspot”.
Di hari lainnya, anda menulis lagi postingan dengan judul “Cara Membuat Facebook”. Dari judulnya, tentu saja tidak ada kaitannya sama sekali dengan label “Tutorial Blogspot”. Oleh karena itu, untuk tulisan tentang “Cara Membuat Facebook”, kita harus membuatkan label baru yaitu “Panduan Facebook”.
Dari contoh diatas, bisa kita ambil sebuah kesimpulan bahwa label di blogger digunakan untuk mengelompokan artikel / postingan yang ada kaitannya dengan label tersebut.

Cara Pasang Label di Blogger

Setelah kita mengerti tentang fungsi label dan penggunaannya, sekarang saya akan tunjukan bagaimana cara memasang label di blogger tepatnya di blog anda. Sebernya cara ini sempat saya tulis di Cara Menulis Postingan di Blogger. Tapi, supaya lebih nyambung, maka saya akan tulis kembali disini. Berikut langkah – langkahnya :
1. Silahkan masuk di blogger dan tulis sebuah artikel (Jangan dulu di Terbitkan / Publish)
2. Setelah tulisan anda selesai, tuliskan suatu label untuk postingan anda tersebut seperti gambar contoh di bawah ini:
label-di-blogger

Catatan : Tuliskan Label yang ada kaitannya dengan judul postingan anda. Dan jika suatu saat anda menulis postingan yang ada kaitannya dengan label tersebut, anda bisa kembali menggunakannya.
3. Setelah label diisi, langsung saja terbitkan postingan anda dengan klik “Terbitkan Entri” / “Publish Post”
Nah…itulah sedikit tulisan saya tentang label di blogger dan bagaimana cara menggunakannya. Mudah – mudahan bisa bermanfaat dan tentunya bisa diaplikasikan

0 comments:

Post a Comment