Cara Menghubungkan Artikel Blog Ke Twitter Dan Facebook

Cara Menghubungkan Artikel Blog Ke Twitter Dan Facebook Dengan Menggunakan Twitterfeed

Pasti kamu penasaran, bagaimana sich cara menghubungkan artikel yang ada pada blog / website kamu ke account twitter atau facebook? Pertanyaan ini akan timbul, manakala kamu sedang berusaha keras agar blog / website lebih dikenal lagi oleh orang banyak.

Sebenarnya sudah cukup lama saya tidak membuat tutorial seperti ini, dan entah kenapa saat ini saya ingin sekali membuatnya dan berbagi ilmu ke rekan-rekan sekalian. Mudah-mudahan, hal ini dapat sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang sibuk-sibuknya mempromosikan blog / website yang sedang kamu kerjakan saat ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini social networking (jejaring sosial) merupakan tempat dimana bagi kebanyakan orang menjadikannya sebagai lahan promosi. Dan dari sekian banyak jejaring sosial yang ada, yang sedang marak-maraknya dan tidak pernah sepi oleh penggunanya saat ini, ialah Twitter Dan Facebook.

Ok, tanpa berpanjang lebar lagi, saya akan mencoba membuat tutorial kali ini sesimpel mungkin agar dapat mudah dimengerti oleh rekan-rekan sekalian. Sesuai dengan judulnya, cara ini akan meng-update postingan artikel terbaru blog / website kamu, menuju account twitter ataupun facebook kamu secara otomatis, tanpa kamu harus bolak-balik secara manual mempostingnya ke twitter / facebook.

Untuk mengkoneksikan postingan artikel terbaru yang ada di blog / website kamu tersebut ke account twitter / facebook secara otomatis, kamu bisa mencoba jasa dari twitterfeed.com yang menyediakan layanan tersebut. Kita langsung mulai aja ya dan menyelesaikannya secara adat :

1. Pastikan kamu sudah memiliki RSS Feed blog / website, yang bisa kamu buat di feedburner.google.com (dalam hal ini, saya hanya memastikan saja dan sedang tidak membahas soal ini, maaf).

2. Pastikan pula, kamu memiliki account di twitter/facebook (saya juga tidak sedang tidak membahas soal hal ini, dan sekali lagi maaf).

3. Go to twitterfeed.com dan pilih menu "Sign UP" untuk mendaftar.



4. Masukkan "Blog URL / RSS Feed URL" dari blog / website kamu, biasanya kalau blogspot URL-nya seperti ini : "http://namablogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default" dan kolom yang warna merah pada "gambar", diganti dengan alamat blog / website kamu.




5. Setelah itu, klik "test RSS Feed" untuk mencoba apakah url yang kamu masukkan berhasil atau tidak. Jika Feed-nya Ok, lalu klik tombol "Continue to Step 2".

6. Configurasi Publish Service, pilih account Twitter dan Facebook kamu untuk konfigurasi alamat twitter dan facebook-nya, isi kolom yang ada, dan jika sudah klik "Create Service".




8. Jika kamu sudah kelar memasukkan account twitter dan facebook-nya, maka akan muncul tampilan seperti gambar yang ada dibawah ini, maka kamu klik "All Done" .




9. Selanjutnya, akan nongol pemberitahuan, "Congratulations, you have successfully configured a feed!", itu artinya kamu telah berhasil dengan gemilang menaklukannya.




10. Dan setelah itu, "Go to Dasboard" untuk mengotak-atik hal lain yang sesuai dengan selera dan keinginan kamu.

11. Done!


Akhirnya kamu berhasil juga, ya! Selamat! Sesuatu banget!
Tentunya hal ini akan mempermudah kamu dalam mempromosikan blog / website yang sedang kamu kelola saat ini, melaui jejaring sosial yang sedang banyak digunakan orang ramai, Twitter dan Facebook.

0 comments:

Post a Comment