Cara Membuat Share On Facebook Button Di Blog Anda


Kali ini saya ingin kembali menunjukkan cara pembuatan Facebook share Button(Share On Facebook Button) atau bahasa Indonesia Tombol Share Facebook. Dan untuk tutorial kali ini saya anggap sebagai Tutorial Tertier yang sangat-sangat gak penting klo anda telah memanfaatkan fasilitas share button dari Blogger seperti yang saya gunakan atau share button bawaan template yang juga saya gunakan. Jadi, pilihan yang kembalikan kepada anda.

Silahkan:

1. Login ke Akun Blogger anda masing-masing
2. Klik Design atau Rancangan, kemudian pilih edit html
3. Centang Expand Widget Template (saya anjurkan download dahulu template anda)
4. Cari kode seperti dibawah ini:

<p><data:post.body/></p>

Atau jika kode tersebut tidak anda temukan silahkan cari kode seperti ini

<data:post.body/>

Ada donk pasti? hhe... Klo udah ketemu, silahkan diamkan dulu karena saya akan sedikit menjelaskannya dulu kepada anda. Kode diatas adalah kode isi postingan kita, So klo nantinya anda mau meletakkan Share On Facebook Button ini diatas postingan anda, anda bisa meletakkan Script yang akan saya berikan nanti sebelum atau diatas kode tersebut, dan sebaliknya jika anda ingin menaruhnya dibawah postingan anda, maka silahkan letakkan kode yang nanti saya berikan setelah atau dibawah kode kode tersebut.

Okeh, karena saya anggap anda sudah cukup paham dengan penempatannya, maka Selanjutnya Silahkan Copy Script berikut ketempat yang anda inginkan:

Variant 1:


Berikut Scriptnya:

<script>var fbShare = {
url: '<data:post.url/>',
size: 'small',
google_analytics: 'true'
}</script>
<script src="http://widgets.fbshare.me/files/fbshare.js"></script>


Variant 2:


Berikut Scriptnya:

<script>var fbShare = {
url: '<data:post.url/>',
size: 'large',
google_analytics: 'true'
}</script>
<script src="http://widgets.fbshare.me/files/fbshare.js"></script>


Variant 3:

Berikut Scriptnya:

<a title='share' name='fb_share' type='box_count' href='http://www.facebook.com/sharer.php' rel='nofollow'>Share</a><script src='http://static.ak.fbcdn.net/connect.php/js/FB.Share' type='text/javascript'></script>


Variant 4:

Berikut Scriptnya:

<a title='share' name='fb_share' type='button_count' href='http://www.facebook.com/sharer.php' rel='nofollow'>Share</a><script src='http://static.ak.fbcdn.net/connect.php/js/FB.Share' type='text/javascript'></script>


Jika sudah menentukan pilihan, Silahkan Save Template anda dan lihat hasilnya, sebagai tambahan Button-button diatas sudah termasuk Counternya, jadi jika nanti ada yang men-share postingan anda ke facebook secara otomatis anda bisa melihat Angkanya.

Selamat Mencoba...

2 comments:

syam said...

Terima Kasih Infonya.
Sangat bermanfaat...
Salam Blogwalking

syarief90 said...

Iy masama mas,,
Kalo menurut anda artikel ini menarik, silahkan share ke akun social bookmark anda.

Terima Kasih

Post a Comment